Minggu, 26 Desember 2010

Terima Kekalahan itu...

jam segini belum mata ini belum mau terpejam, kembali teringat pertandingan final Piala AFF tadi antara Malaysia dan Indonesia. Huftt saya sangat tegang menontonnya. karena ternyata lawan yang dihadapi TIMNAS kita tidak lah enteng. tidak dapat dipungkiri permainan yang ditunjukkan kedua  tim memang memukau..hmm...saya kurang tau menau soal permainan bola, jadi lebih baik saya hindari mengomentari soal jalannya permainan. takut salah. hehe
Sayangnya fair play pertandingan itu dinodai dengan aksi suporter malaysia yang tidak terpuji.mereka menggunakan laser hijau yang diarahkan ke pemain Indonesia untuk memecah konsentrasi dan pandangan pemain indonesia selain itu suporter Malaysia juga menyalakan petasan di tengah lapangan. Tim kita sempat ngambek lo! dan pertandingan sempat terhenti beberapa saat. pertandingan dilanjutkan ketika ada kesepakatan bahawa tidak ada lagi laser hijau yang mengganggu konsentrasi pemain Indonesia.
saat menonton pertandingan itu handphone tidak pernah terlepas dari genggaman saya. saya penasaran dengan respon teman-teman saya mengenai pertandingan ini yang diungkapkan di jejaring sosial twitter (sebut merek tak apa ya hehe)
saya sampai tertawa tergelak-gelak melihat TL saya yang penuh dengan tweet tentang pertandingan itu. semuanya mengomentari jalannya pertandingan, mengeluhkan aksi suporter malaysia, memberi dukungan pada TIMNAS Indonesia bahkan cacian juga amarah tak jarang dilampiaskan pada Malaysia. Apalagi setelah masalah laser hijau itu. mungin seluruh penghuni kabun binatang dan pembuangan terakhir telah di sebutkan dengan geram.hahaha.. bahkan #MalaysiaCheatLaser telah menjadi TT dan menorobos di tingkat 1.wowooo...

memang banyak pihak menyesalkan hal ini, mengapa suporter Malaysia tidak sportif dalam mendukung tim kebanggaannya. dan sangan disayangkan Malaysia memenangkan pertandingan ini dengan image juara yang kurang baik.
Pertandingan final Piala AFF lap 1 antara Malaysia dan Indonesia telah terlewati dengan score 3-0. 3 untuk Malaysia dan 0 untuk Indonesia, meskipun TIMNAS kita tidak berhasil membawa kemenangan bagi Indonesia hal itu seharusnya tidak mengurangi semangat dukungan kita dan kecintaan kita pada TIMNAS Indonesia.. 
kita harus belajar dari kekalahan dan mengakui kehebatan lawan. karena bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak mencari kesalahan lawan untuk menutupi kekalahannya. kita harus bisa bersikap dewasa. jika mereka menggunakan berbagai cara untuk menang sampai cara yang tidak terpuji maka kita tidak boleh terpancing untuk melakukan hal yang sama. saat ini dunia tengah menertawakan sikap suporter Malaysia, jangan sampai suporter Indonesia juga jelek dimata dunia karena ajang balas dendam dengan cara yang murahan atas perlakuan suporter Malaysia. bersikaplah dewasa...terima kekalahan dengan lapang dada..
TETAP DUKUNG TIMNAS INDONESIA!!!!


0 komentar:

Posting Komentar